Upaya Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X Man 4 Medan

Widya, Noni (2018) Upaya Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X Man 4 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NONI-converted.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengurangan kecemasan berkomunikasi pada siswa MAN 4 Medan dengan menggunakan konseling kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengalami kecemasan komunikasi di MAN 4 Medan. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah uapaya dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa MAN 4 Medan. Untuk mengumpulkan data digunakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) Dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas X MAN 4 Medan Tahun pembelajaran 2017/2018, dapat diketahui bahwa dengan penerapan penerapan layanan konseling kelompok dapat menurunkan kecemasan berkomunikasi pada siswa. b) penurunan kecemasan berkomunikasi siswa dapat dilihat dari perubahan komunikasi siswa menjadi lebih baik. Pada kondisi awal, tingkat kecemasan berkomunikasi siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 80,25 menurun pada siklus I menjadi 63,75 dengan kategori tinggi. Pada siklus II, kecemasan berkomunikasi siswa mengalami penurunan yang berarti dari siklus I dengan persentase 63,75 menjadi 44,75 pada siklus II dan termasuk dalam kategori rendah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 22 Nov 2019 08:08
Last Modified: 22 Nov 2019 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7394

Actions (login required)

View Item View Item