Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Thalut Dan Jalut Dalam Alquran (Analisis Kajian Surah Al-Baqarah Ayat 246-252)

Rambe, Hafizah Fitri (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Thalut Dan Jalut Dalam Alquran (Analisis Kajian Surah Al-Baqarah Ayat 246-252). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
DATA TESIS HAFIZAH OKE-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1)Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Thalut dan Jalut dalam Alquran. 2)Apa nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kisah Thalut dan Jalut dalam Alquran surah al-Baqarah ayat 246-252? dan 3)Apa relevansi nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kisah Thalut dan Jalut dalam Alquran surah al-Baqarah ayat 246-252dengan kondisi saat ini? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan tafsir Tahlīlī, yang menggunakan sumber primernya ialah Alquran. Di antara buku tafsir yang digunakan ialah tafsīr al-Marāgikarya Aḥmad bin Muṣṭafā al-Marāgi, tafsīr al-Azharkarya HAMKA, tafsīr al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penjelasan nilai-nilai yang terdapat dalam nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Thalut dan Jalut dalam Alquran, ialah: kewajiban berjihad (membela hak dan yang bathil), berikhtiar dan bertawakkal kepada Allah, menamankan keteguhan hati dalam diri (pantang menyerah), bersabar dalam kondisi apapun, optimis untuk dapat meraih kemenangan, menjadi pemimpin yang bijaksana, meningkatkan ilmu pengetahuan yang luas, menghargai pendapat orang lain dalam dalam mengambil keputusan. 2) Terdapat tujuh nilai pendidikan Islam dalam kisah Thalut dan Jalut dalamAlquran, ialah: nilai aqidah, nilai syari’ah, nilai akhlak, nilai fisik, nilai optimis, nilai intelektual dan nilai demonstrasi. 3) relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Thalut dan Jalut yang terjadi pada kondisi masyarakat saat kini yaitu dekadasi moral, pemalas, pesimis, egois, dan hubbud dunyā. Kondisi tersebut direlevansikan kepada nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Thalut dan Jalut dalam Alquran bahwa dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Thalut dan Jalut ini dapat merubah kondisi moral manusia menjadi lebih baik yang berpedoman pada Alquran dan Hadis, meningkatkan semangat belajar dan senantiasa giat dalam mencari ilmu, menumbuhkan sifat optimis dan percaya diri, menumbuhkan sifat toleransi, dan memiliki sifat qana’ah

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.6 Cerita, kisah dari Al Quran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:30
Last Modified: 21 Nov 2019 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7363

Actions (login required)

View Item View Item