Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Negeri 1 Labuhanbatu

Rambe, Wira Zamzami (2019) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Negeri 1 Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI (WIRA ZAMZAMI RAMBE_37143007).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Negeri 1 Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti langsung meneliti ke lapangan. Dengan mengggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan di MTs Negeri 1 Labuhanbatu. Adapun informan penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu: kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru mata pelajaran. Untuk menganalisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan uji credibilitydengan menggunakan teknik triangulasi, uji transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan, yaitu: (1) peran kepemimpinan yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru baik, kepala madrasah menjalankannya sesuai dengan peranan kepala sekolah (EMASLIM), (2) kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru yaitu sarana prasarana dan kuranngnya motivasi dalam diri guru, (3) upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di madrasah tersebut meliputi pembinaan kedisiplinan kerja, pemberian motivasi dan penghargaan, menjalin hubungan kerja yang baik, menyediakan kebutuhan aktualisasi diri dan pengembangan diri, mengikuti pelatihan kependidikan, ikut serta MGMP, seminar, workshop, diklat, pendidikan lanjut, dan program sertifikasi guru. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan dalam peran kepemimpinan kepala madrasah ini haruslah memiliki insting sebagai pendidik, mengerti dan memahami kondisi guru, dan ada faktor lain untuk mengembangkan profesionalisme guru melalui Kepala Sekolah melakukan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengadakan pelatihan (Diklat), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan mengikut sertakan para guru dalam upaya Kepala Sekolah untuk mengembangkan profesionalisme guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 19 Nov 2019 05:20
Last Modified: 19 Nov 2019 05:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7294

Actions (login required)

View Item View Item