Hubungan Antara Kemandirian Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Hidayah Tahun Ajaran 2019/2020

Ningrum, Tya Ayu (2019) Hubungan Antara Kemandirian Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Hidayah Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi tya-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Kemandirian anak TK Nurul Hidayah, 2) Perkembangan sosial emosional TK Nurul Hidayah, 3) Hubungan antara kemandirian dengan perkembangan sosial emosional TK Nurul Hidayah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah sebanyak 11 kemandirian anak dan 11 anak perkembangan sosial emosional. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang ditujukan kepada siswa dan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment dan untuk uji hipotesis (uji-t). Hasil analisis korelasi product moment dan uji-t untuk mengetahui adakah hubungan antara variabel X dan Y. Dari hasil rumus korelasi product moment di peroleh hasil rhitung 0,646 dimana ini menunjukan thitung>rtabelyaitu 0,646>0,602 artinya terdapat “hubungan antara kemandirian dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini”. Sedangkan melalui uji t diperoleh hasil thitungsebesar 0,646, sedangkan rtabel 0,602 jadi thitung >rtabel (0,646>0,602) maka hipotesis dalam penilitian ini diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 19 Nov 2019 03:52
Last Modified: 19 Nov 2019 03:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7278

Actions (login required)

View Item View Item