Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pasar Baru Stabat)

Lestari, Resti Putri (2019) Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pasar Baru Stabat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
full skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pasar merupakan tempat dimana terjadi transaksi jual beli. Selain itu, pasar juga menjadi tempat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan merupakan pusat penggerak perekonomian masyarakat. Pasar tradisional merupakan saluran penting dalam proses distribusi produk-produk agribisnis yang sebagian besar merupakan produk pangan kebutuhan sehari-hari. Beragam produk pangan yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat sebagian besar beredar dan terdistribusikan melalui sistem perdagangan yang terjadi di pasar tradisional. Seiring dengan perkembangan zaman, gaya hidup masyrakat yang berubah, standart hidup meningkat menuntun yang lebih dari sekedar membeli poduk-produk pangan kebutuhan sehari-hari. Banyaknya pasar modern yang kini berdiri di tengah-tengah kehidupan masyarakat menjadi daya saing tersendiri bagi Pasar Baru Stabat yang berlokasi di Jalan Perniagaan, Kecamatan Stabat Baru Kabupaten Langkat Kota Stabat.. Alat analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah: Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE dan Matriks SWOT. Hasil peneltian menunjukkan kondisi internal Pasar Baru Stabat kuat berdasarkan hasil analisis faktor strategis internal dengan nilai total skor sebesar 2,88. Sedangkan untuk nilai total skor faktor lingkungan eksternal sebesar 3,00 yang berarti Pasar Baru Stabat merespon dengan baik kondisi eksternal baik peluang maupun ancaman. Sedangkan untuk analisis berdasarkan diagram Analisis SWOT menunjukkan variable IFAS 0,53 dan EFAS sebesar 0,775 yang menunjukkan bahwa Pasar Baru Stabat berada pada strategi agresif, maka dianjurkan untuk memaksimalkan peluang dan kekuatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembang Pasar Tradisional, Kepuasan Pedagang, Strategi
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:09
Last Modified: 14 Nov 2019 07:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item