Komitmen Kerja Guru Dalam Rangka Peningkatan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Asahan Kabupaten Asahan.

Dahlia, Dahlia (2019) Komitmen Kerja Guru Dalam Rangka Peningkatan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Asahan Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Dahlia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Cara Kepala madrasah dalam meningkatkan efektivitas manajemen berbasis madrasah di MTs Negeri 1 Asahan Kabupaten Asahan; 2) Langkah-langkah Kepala madrasah dalam mengawasi pelaksanaan komitmen kerja guru di MTs Negeri 1 Asahan Kabupaten Asahan; 3) Upaya Kepala madrasah memberi bantuan, bimbingan dan pengarahan untuk memecahkan masalah yang ditimbulkan akibat komitmen kerja guru di MTs Negeri 1 Asahan Kabupaten Asahan; 4) Langkah-langkah Kepala madrasah dalam melaksanakan efektivitas manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 1 Asahan Kabupaten Asahan; dan 5) Upaya Kepala madrasah mengatasi hambatan dalam pelaksanaan peningkatan efektivitas manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 1 Asahan Kabupaten Asahan. Penelitian tesis ini ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik-teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dukumen sedangkan untuk memperkuat kesahihan data hasil temuan dan keotentikan penelitian, maka peneliti mengacu kepada penggunaan standar keabsahan data terdiri dari creadibility, tranferability, dependability dan comfirmability. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peningkatan efekitivitas manajemen berbasis madrasah dilakukan kepala madrasah dengan cara membuat kriteria atau tujuan dan ketetapan waktu merencanakan program pengajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, serta membimbing siswa; 2) Pengawasan Pelaksanaan Komitmen kerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Asahan dilakukan secara rutin dengan memeriksa program pengajaran, memantau aktivitas guru, serta mencocokkan laporan perkembangan siswa yang dibuat guru dengan informasi dari wakil kepala madrasah dan siswa; 3) Bantuan, bimbingan dan pengarahan untuk memecahkan masalah pelaksanaan tugas guru dilakukan dengan mengidentifikasi kompetensi guru, bimbingan individual malaui konsultasi, bimbingan kelompok melalui rapat guru atau pendelegasian pada wakil kepala madrasah dan guru yang berpengalaman; 4)langkah yang ditempuh Kepala madrasah dalam melaksanakan efektivitas manajemen berbasis madrasah melalui sosialisasi program madrasah yang terkait dengan pelaksanaan tugas guru dilakukan dengan melibatkan guru dalam penyusunan program kerja, memaparkan program madrasah dalam rapat guru dan surat edaran pembagaian guru, serta diskusi kelompok atau individual untuk menegaskan program madrasah yang harus dilaksanakan guru yang bersangkutan; dan 5) Hambatan komitmen kerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Asahan diatasi dengan menganalisa penyebab timbulnya hambatan. Hambatan yang berhubungan dengan sikap guru diselesaikan dengan individual, hambatan yang sifatnya perilaku kelompok diselesaikan melalui musyawarah mufakat serta hambatan yang kompleks diselesaikan dengan meminta bantuan pengawas pembina atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Terkhusus bidang Pendidikan Madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:51
Last Modified: 15 Nov 2019 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item