Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teamns achievment divisions (stad) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas VII MTS Swasta TPI Rambung Sialang pada materi himpunan berhingga, tak berhingga, kosong dan semesta tahun ajaran 2016/2017.

Azrunnisa, Fitri (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teamns achievment divisions (stad) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas VII MTS Swasta TPI Rambung Sialang pada materi himpunan berhingga, tak berhingga, kosong dan semesta tahun ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Swasta TPI Rambung Sialang pada materi Himpunan Berhingga,Tak Berhingga, Kosong dan Semesta tahun ajaran 2016/2017 (2) Adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Swasta TPI Rambung Sialang pada materi Himpunan Berhingga,Tak Berhingga, Kosong dan Semesta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini di ambil 2 kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk essay. Selain itu teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji ANAVA Satu Jalur. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan : (1) Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika nilai rata-rata sebesar 74,42 (2) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,42 dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,60. Selanjutnya berdasarkan perhitungan statistik Uji-t diperoleh angka sebesar 2,844 sedangkan harga t-tabel sebesar 1,995, dan uji ANAVA Satu Jalur yang menunjukkan f hitung sebesar 8,083 dan f tabel sebesar 3,981. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa baik buruknya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di MTs Swasta TPI Rambung Sialang tergantung dari baik buruknya penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif, Student Teams-Achievment Divisions, Pemecahan Masalah.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:50
Last Modified: 15 Nov 2019 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7143

Actions (login required)

View Item View Item