Nst, M. Rafiquddin (2018) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Relegius Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI PAKET KOMPLIT 2018 RAFIQ baru.pdf Download (850kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini sumber data diambil dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dari pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Objek penelitian adalah Kepala Madrasah, staf pimpinan madrasah, Guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Adapun tujuan peneletian ini mengungkapkan : (1) untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, (2) untuk mengetahui Budaya Religius Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, (3) untuk mengetahui Peran Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpianan Kepala Madrasah memang baik yaitu dengan memberikan daya tarik tinggi, mengayomi, disiplin, pemberi dukungan, menjalankan tugas-tugas administratif, dan mau bekerja sama terhadap staf pimpinan madrasah, guru, dan siswa dalam mengembangkan budaya religius di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Budaya religius di madrasah berjalan dengan baik dan lancar yaitu dengan kegiatan harian seperti menyalami guru, baca doa sebelum dan sesudah belajar, shalat zuhur berjamaah, shalat dhuha, dan stor ayat, dan kegiatan mingguannya seperti puasa senin kamis, shalat dhuha berjamaah di hari jumat, pengajian, pembacaan surah ar-rahman dan asmaul husna setiap hari jumat, dan kegiatan bulanannya seperti subuh keliling di minggu pertama setiap bulannya, dan kegiatan tahunannya seperti melaksanakan qurban oleh madrasah. Dan peran Kepala Madrasah sudah sangat baik yaitu Kepala Madrasah sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Pencipta Iklim Kerja, dan sebagai Motivator yang membangkitkan motivasi bagi seluruh elemen di lingkungan madrasah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Budaya Religius, Peran Kepala Madrasah. |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 08:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 08:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7135 |
Actions (login required)
View Item |