Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengelompokkan Benda Melalui Metode Demonstrasi di RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area T.A. 2017/2018.

Fauzi, Nur Zayyan (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengelompokkan Benda Melalui Metode Demonstrasi di RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area T.A. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NUR ZAYYAN FAUZI (PIAUD 2 STAMBUK 2014).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan kognitif anak mengelompokkan benda sebelum menggunakan metode demonstrasi di RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area, (2) penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak mengelompokkan benda di RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area, (3) kemampuan kognitif anak mengelompokkan benda sesudah menggunakan metode demonstrasi di RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area. Penelitian ini dilaksanakan di RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area pada tanggal 26 Maret sampai 13 April 2018, dengan jumlah anak yang diteliti berjumlah 15 anak. Penelitian ini diawali dengan melakukan prasiklus selanjutnya dilakukan penelitian tindakan siklus I dan siklus II Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan I yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh dari 15 anak yang diteliti terdapat 3 anak atau 20% anak mulai berkembang sesuai harapan dan 4 anak atau 26,7% anak yang berkembang sangat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan, diperoleh dari 13 anak yang diteliti terdapat 7 anak atau 46,67% mulai berkembang sesuai harapan dan 6 anak atau 40% berkembang sangat baik, selanjutnya pada siklus III peningkatan mencapai kriteria keberhasilan yaitu diperoleh dari 13 anak yang diteliti terdapat 7 anak atau 46,67% mulai berkembang sesuai harapan dan 8 anak atau 53,33% berkembang sangat baik. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengelompokkan benda dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode demonstrasi pada anak RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area T.A. 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif Mengelompokkan Benda, Metode Demonstrasi.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:46
Last Modified: 15 Nov 2019 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item