Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer di SMP Islam Azizi Medan

Maysarah, Siti (2019) Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer di SMP Islam Azizi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SitiMaysarah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam menyusun program sekolah di SMP Islam Azizi Medan, peran kepala sekolah dalam menyusun pengorganisasian sekolah di SMP Islam Azizi Medan, peran kepala sekolah dalam menggerakkan staf di SMP Islam Azizi Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan Deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah, Tatat Usaha, Bendahara Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari Lexy Moleong yaitu dengan cara pengumpulan data, analisa data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data dilaksanakan dengan credibility yang termasuk didalamnya Triangulasi, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah dalam menyusun perencanaan program yaitu: a) merencanakan SDM dengan merinci kebutuhan tenaga pendidik yang akan menjalankan tugas dalam mengajar. b) merencanakan kebijakan seperti program kepala sekolah serta kurikulum yang akan dijalankan di sekolah itu. c) dalam menyusun kebijakan, kepala sekolah melibatkan guru, wakasek, guru, pengawas, komite dan orangtua. Peran kepala sekolah dalam mengorganisasikan program yaitu dengan cara a) membuat sebuah struktur organisasi sekolah, b) pembagian tugas sesuai tingkat kemampuan maupun keterampilan semua staf, d) melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah, guru dan siswa, meskipun upaya ini masih membutuhkan perhatian yang lebih, ini disebabkan masih adanya fasilitas yang perlu dibenahi dan dilengkapi. e) memantau pembelajaran di kelas. Peran kepala sekolah dalam menggerakkan staf dengan cara: a) melibatkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui arahan, perintah, petunjuk dan bimbingan baik secara lisan maupun tertulis, b) memberikan semangat dan dorongan kepada guru untuk tetap belajar, c) memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan, seminar dan lokarya, d) mengadakan rapat evaluasi bulanan, e) memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan studi, f) peningkatan kesejahteraan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah sebagai Manajer
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:36
Last Modified: 25 Oct 2019 02:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item View Item