Implementasi manajemen tenaga kependidikan di MAN 2 Model Medan

Atmiati, Atmiati (2019) Implementasi manajemen tenaga kependidikan di MAN 2 Model Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ATMIATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen tenaga kependidikan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat, dan mengetahui upaya apa yang dilakukan kepala madarasah dalam manajemen tenaga kependidikan. Penelitian ini berjenis peneltian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan peneliti berjumlah 4 orang yaitu : Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Staff Tata Usaha dan Pustakawan. Tehnik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumnetasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan penetu keabsahan data yang peneliti gunakan dengan tahap kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Penelitian ini mengungkapkan 3 temuan yaitu: 1) Manajemen tenaga kependidikan yang di laksanakan melalui semua proses manajemen tenaga kependidikan. Masih ada dari beberapa proses yang dilaksanakan belum berjalan denga optimal yaitu dalam hal pengadaan yang dilakukan tidak ada ujian lisan. Kemudian dalam hal promosi dan mutasi, masih ada SK yang sama kepada beberapa tenaga kependidikan yang memiliki perbedaan jabatan. 2) Faktor pendukung dalam implementasian manajemen tenaga kependidikan yaitu hampir seluruhnya terpenuhi yang mengenai standart administrasi sekolah/madrasah, sehingga lebih memudahkan pelaksanaan pekerjaan yang telah di berikan kepada para tenaga kependidikan sendiri. 3) Faktor penghambat implementasi manajemen tenaga kependidikan yang belum memenuhi standart administrasi sekolah/ madrasah yaitu terdapat integritas dan etos kerja tenaga kependidikan yang belum memuaskan dalam melaksanakan pekerjaannya. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen tenaga kependidikan harus melaksanakan ujian lisan kepada para calon tenaga kependidikan, dan memberikan porsi pekerjaan sesuai dengan jabatan masing-masing, mengembangkan aspek peraturan sekolah, menanamkan nilai untuk mematuhi aturan dan menjunjung tinggi waktu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Tenaga Kependidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:00
Last Modified: 11 Oct 2019 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item