Fadilah, Nur (2019) Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Maningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kebijakan kepala sekolah, mengetahui mutu pendidikan, mengetahui kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate pada Jum’at 17 Meret 2019 Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, dan guru.. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi, uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability). Dan dapat dilakukan dengan uji dependilitas (dependility). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses kebijakan mutu pendidikan di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate dengan membuat suatu perencanaan /perumusan program kemudian berkerjasama dengan seluruh stkeholder yang ada di sekolah tersebut menjalankan (implementasi program ) dan yang terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap program yang di buat sesuai dengan tujuan melalui hasil musyawarah( rapat) yang mana program tersebut adalah adanya visi dan misi, Tahfizul Al-Qur;an, sistem full day school dan Eksrakurikuler serta yang lainnya. Mutu pendidikan nya adalah dengan menggunakan 8 Standar Nasional Pendidikan yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah yaitu Standar isi, Standar kompetensi, Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan, Standar lulusan, Standar pembiayaan dan standar Pengolaan, kebijakannya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membuat program system Full Day School, Program Tahfizh Quran dan Ekstrakurikuler. Faktor Pendukung adalah memiliki guru yang rata rata S2 Sarana dan Prasana yang cukup mendukung lapangan yang cukup luas dan lebar, juga dan adanya kekompakan antara guru dalam mendukung segala kebijakan yang dibuat oleh pihak sekolah yaitu kepala sekolah. Faktor pengambat dari terlaksananya efektivitas kegiatan pendidikan adalah a) minim nya pendanaan yang tersedia b) SDM yang masih belum sesuai dengan keinginan sekolah c) kurang adanya dukungan dan keterlibatan pemerintah secara langsung.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan Kepala Sekolah dan Mutu Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 04:33 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 04:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6790 |
Actions (login required)
View Item |