Manajemen Budaya Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru di MTs. Darul Ilmi Batang Kuis

Larasati, Mimi (2019) Manajemen Budaya Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru di MTs. Darul Ilmi Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MIMI LARASATI BENER-dikonversi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya yang diterapkan di MTs. Darul Ilmi Batang Kuis, mengetahui kompetensi kepribadian, kompetensi Sosial guru-guru di MTs. Darul Ilmi Batang Kuis, mengetahui kendala dalam penerapan budaya dan juga untuk mengetahui pengelolaan budaya madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian dan sosial guru di MTs. Darul Ilmi Batang Kuis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan naturalistik. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru-guru, guru bidang studi bahasa indonesia, matematika dan IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles dan Huberman yaitu dengan cara redukdi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data dilaksanakan dengan credibility yang termasuk didalamnya Triangulasi, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya budaya yang diterapkan di MTs. Darul Ilmi batang kuis yang membantu mengembangkan kompetensi kepribadian dan sosial guru seperti kedisiplinan waktu, menerapkan infak mingguan, arahan wajib setiap guru dll. Kompetensi kepribadian dan sosial guru yang dinilai memiliki kemampuan diketahui prilaku setiap guru kepada sesama dll. Kendala yang dihadapi dalam menerapkan budaya madrasah ada pada diri masing-masing setiap guru dan juga perihal sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk mendukung penerapan budaya. Pengelolaan budaya madrasah yang ada dilakukan berdasarkan fungsi manajemen yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah pengelolaan budaya madrasah di MTs. Darul Ilmi Batang Kuis dilakukan dengan baik dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. dan juga didalam pengelolaan budaya madrasah yang diterapkan juga memiliki kaitan dalam mengembangkan kompetensi kepribadian dan sosial guru yang ada di MTs. Darul Ilmi Batang Kuis. seperti pemberian arahan, kegiatan arisan, infak mingguan dan lain-lain sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Budaya Madrasah, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 01 Oct 2019 05:22
Last Modified: 01 Oct 2019 05:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6770

Actions (login required)

View Item View Item