STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MA’ARIF STABAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TAMBUNAN, MILA ARUNIA (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MA’ARIF STABAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ma’arif, (2) Strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kognitif anak di TK Al-Ma’arif,(3) Tantangan Implementasi strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini: (1) Kepala sekolah, (2) Guru kelas, (3) dan orangtua siswa. Dalam Proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: (1)Perkembangan kognitif anak berkembang dengan baik dan sesuai dengan harapan, (2) strategi yang digunakan guru lebih kepada strategi Eksipositori karna dapat dilihat dari pengertian dan penjelasan strategi dari guru, strategi yang demikian digunakan untuk dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak secara optimal dan baik, (4) Tantangan yang dihadapi ketika salah seorang anak yang lama berkemabang kognitif nya terutama dalam hal berhitung, dan harus memberikan pengajaran secara bertahap supaya anak dapat memahaminya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kemampuan Kognitif Anak
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 06 Sep 2019 04:29
Last Modified: 06 Sep 2019 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item