PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI MAN 1 LANGKAT

SUSANTI, TRI (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI MAN 1 LANGKAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa kelas XI MAN 1 Langkat melalui konseling kelompok teknik realita. Kejenuhan belajar adalah suatu keadaan seseorang yang ditandai dengan keadaan bosan, letih, tidak bersemangat, serta cemasan dengan hasil belajarnya karena memaksakan diri dalam balajar namun tetap merasa usahanya dalam belajar tidak membuahkan hasil. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 berjumlah 10 peserta didik yang memiliki kejenuhan belajar tinggi. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive, dengan kriteria siswa yang skor kejenuhan belajarnya masuk kategori rendah dan sedang pada hasil pre-test. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan angket kejenuhan belajar. Hasil analisis data dengan menggunakan Uji Wilcoxson diperoleh nilai ASYMP.SIG adalah 0.005 yang berarti lebih kecil dari pada nilai 0.05 sehingga berarti bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan teknik realita dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI MAN 1 Langkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan konseling kelompok, pendekatan realita dan kejenuhan belajar
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:18
Last Modified: 06 Sep 2019 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6674

Actions (login required)

View Item View Item