SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs ISLAMIYAH YPI BATANG KUIS KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG

SULASTRI, AYU (2019) SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs ISLAMIYAH YPI BATANG KUIS KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi ayu word.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian memiliki batasan masalah supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah, pnelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif kualitatif, Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan point pertama tentang peran supervisi kepala sekolah a), peran supervisi kepala sekolah koordinator: penempatan tupoksi guru dengan tepat pada roster, pengarahan menggunakan micropon setiap harinya, mengadakan diskusi secraa bersama-sama antar guru-guru dari berbeda-beda bidang, b)peran kepala sekolah sebagai konsultan, teknik supervisi dengan tehnik perseorangan meliputi melakukan kunjungan kelas, kunjungn observasi dan bimbingan terhadap guru secara pribadi dikantor dan kemudian dengan tehnik kelompok meliputi mengadakan pertemuan atau rapat rutin setiap bulannya, c) peran ketiga ialah kepala sekolah sebagai pemimpin kelompokMemberian kesempatan pada guruguru dalam mengambil keputusan,meningkatkan keterampilan guru dengan memberikan pelatihan, dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab dan memupuk moral,,d) peran kepala sekolah sebagai evaluator, seperti membantu dalam menilai hasil dan proses pengajaran, memberikan arahan / pendapat dalam menilai hasil belajar siswa, membantu memberikan metode yang tepat sesuai dengan kurikulum. Kemudian point kedua ialah, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam kegiatan supervisi oleh kepala sekolah menunjukkan bahwa: (1 pendukungnya data informasi yang cukup, fasilitas cukup, guru mudah diatur. 2), yakni: masih adanya rasa takut yang dimiliki oleh guru bahkan menghindar ketika hendak disupervisi, kesibukan kepala sekolah di luar jamsekolah, faktor umur yang membuat pemahaman guru lamban, mengatur waktu yang tepat dirasa sulit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: supervisi pendidikan, profesionalisme guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:46
Last Modified: 05 Sep 2019 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6640

Actions (login required)

View Item View Item