Metode Bimbingan Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Kota Medan Dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Hafizah

Br Manurung, Ayu Azlina (2019) Metode Bimbingan Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Kota Medan Dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Hafizah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui metode bimbingan yang diberikan ustad maupun ustazah di Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Kota Medan dalam meningkatkan hafalan Alquran hafizah; 2) Untuk mengetahui hambatan dalam penerapan metode bimbingan ustad maupun ustazah di Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Kota Medan dalam meningkatkan hafalan Alquran Hafizah; 3) Untuk mengetahui solusi yang diberikan ustad maupun ustazah di Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Kota Medan dalam hambatan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatannya adalah deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Agust Sulaiman Sitompul S.H.I, Muliadi Arisandi, S.Sos.I, Ahmad Husein, S.Kom, Ahmad Syafi’i Saragi, M.Pd dan Eva Lestari, S.Pd. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kegiatan-kegiatan analisis, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik member check dan teknik triangulasi terutama triangulasi metode. Hasil temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Metode bimbingan Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Kota Medan dalam meningkatkan hafalan Alquran hafizah antara lain: metode tikrar, metode takrir, metode tasmik dan metode muraja’ah. Keempat metode tersebut tidak terlepas dari pengulangan karena semakin sering mengulang pelajaran maka daya ingat akan semakin kuat serta keempat metode tersebut dilakukan secara langsung dan penerepannya secara individu; (2) Hambatan yang ada dalam penerapan metode bimbingan bukan berasal dari para ustad maupun ustazah akan tetapi hambatan yang terjadi ada pada diri hafizahnya. Kebanyakan para hafizah tidak fokus dalam menghafal dan kurangnya percaya diri dengan kemampuan yang ia miliki serta rendahnya motivasi yang didapat dari orang-orang terdekat dapat menyebabkan kurang bersemangat untuk mengikuti kegiatan yang dijalani; (3) solusi yang diberikan Ustad maupun Ustazah di Rumah Tahfiz Al-Bayyinah dalam mengatasi hambatan yang ada ialah senantiasa melakukan pengulangan (muraja’ah) dalam hafalan untuk memperkuat ayat-ayat yang sudah dihafalkan, bahan-bahan hafalan senantiasa diperhatikan, senantiasa menjaga kesehatan karena kesehatan itu memegang peranan terpenting dalam beraktivitas, dan ketika para hafizah sudah kualitas hafalannya mulai menurun dan mereka mulai jenuh dalam menghafal para pembimbing sering sering memberi motivasi agar terbakar kembali semangatnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 06 Sep 2019 05:05
Last Modified: 06 Sep 2019 05:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item