UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MELALUI MODELSCRAMBLE DI KELAS IV MIS BINA KELUARGA JL. SETIA BUDI NO.18. KEL. INDRA KASIH KEC. MEDAN TEMBUNG KAB. DELI SERDANG KOTA MEDAN

Siregar, Siti Mahnia (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MELALUI MODELSCRAMBLE DI KELAS IV MIS BINA KELUARGA JL. SETIA BUDI NO.18. KEL. INDRA KASIH KEC. MEDAN TEMBUNG KAB. DELI SERDANG KOTA MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PGMI SITI MAHNIA SIREGAR NIM. 36.15.4.201.pdf - Updated Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Gaya pada siswa kelas IV Mis Bina Keluarga yang berjumlah 24 orang siswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui model pembelajaran scramble. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA pada materi Gaya mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya model pembelajaran scrambel disetiap siklus yang dilakukan oleh peneliti. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata disetiap siklusnya. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran scramble ini hanya memperoleh nilai rata-rata 33,33%. Akan tetapi, peningkatan mulai terlihat pada saat dilaksanakannya siklus I meningkat menjadi 69,37%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi nilai rata-rata 83,95%. Nilai ini telah melewati batas nilai KKM dikelas IV Mis Bina Keluarga yaitu 70. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaranscramble dapat meningkat hasil belajar IPA materi Gaya dikelas IV Mis Bina Keluarga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble dan Hasil Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 06 Sep 2019 05:18
Last Modified: 06 Sep 2019 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item View Item