PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DI MAN 3 MEDAN

BORNEO, INKE NUR EAST (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DI MAN 3 MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
1. PDF NON TTD ABSTRAK DONE.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) di MAN 3 medan, kemudian untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasinya seluruh siswa kelas X IPA MAN 3 Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 5 sebagai kelas ekperimen I yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen II yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP. Penelitian ini menggunakan 5 butir soal tes kemampuan representasi dan 5 butir soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dilanjutkan dengan Uji Tukey. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), (2) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), (3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), dan (4) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, Missouri Mathematics Project (MMP), dan Problem Based Learning (PBL).
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:02
Last Modified: 05 Sep 2019 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item View Item