SOFYAN, MA’RIF (2019) BIMBINGAN AGAMA PADA ANAK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI PANTI ASUHAN MAMIYAI AL-ITTIHADIYAH MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi Lengkap.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan dalam memberi bimbingan agama untuk membentuk karakter religius di Panti Asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan, hambatan-hambatan serta faktor pendukungnya dan deskripsi karakter religius yang ditanamkan di panti asuhan. Karena karakter religius perlu dibentuk dengan pembiasaan kegiatan religius di panti asuhan. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif, yaitu cara atau prosedur memecahkan masalah penelitian dengan memaparkan keadaan obyek yang diteliti sebagaimana adanya, berdasarkan fakta-fakta yang aktual. Informan penelitian adalah sekretaris yayasan, pembimbing agama, staff serta kakak asuh. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan teknik analisi data menggunakan model analisi interaksi yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuulan. Hasil penelitian bahwa kegiatan-kegiatan yang ada di panti Asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah dalam membentuk karakter religius yaitu kegiatan yang besifat formal keagamaan dan keterampilan, kegiatan tersebut adalah pendidikan sekolah, shalat fardu berjamaah, membaca Alquran, tahfiz quran, menutup aurat, membaca yasin, latihan pidato, pelatihan komputer dan berlatih futsal. Pada dasarnya bimbingan yang diberikan kepada anak asuh agar anak asuh tersebut mau melaksanakan perintah Allah sebagai peningkatan iman dan takwa serta memiliki keterampilan ketika keluar dari panti. Nilai religius yang ditanamkan di panti asuhan antara lain uswa al-hasanah, kedisiplinan nilai ibadah dan akhlak nilai-nilai tersebut adalah uswa (teladan), bertanggung jawab, kejujuran, rasa peduli dan disiplin. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam memberi bimbingan agama pada anak untuk membentuk karakter religius adalah faktor pendukung: adanya pengasuh, tersedianya fasilitas dan adanya motivasi anak untuk lebih baik. Faktor penghambat: kurangnya pengasuh yang profesional, berbeda latar belakang kehidupan anak asuh, jumlah anak asuh yang banyak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan agama, anak |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 07:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 07:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6600 |
Actions (login required)
View Item |