PENERAPAN LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA SMAN 2 PERBAUNGAN

SIREGAR, NIA HASANIA (2019) PENERAPAN LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA SMAN 2 PERBAUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan informasi dalam meningkatkan Self Efficacy SMAN 2 Perbaungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yaitu penelitian yang dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Sampel diambil sebanyak 30 yaitu siswa kelas XI-Ipa1 SMAN 2 Perbaungan. Instrumen yang digunakan adalah Angket atau kuesioner dan Leiseg untuk menjaring data tentang self efficacy siswa yang rendah. Penelitian PTBK dengan pelaksanaan penelitian 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 2 kali pertemuan dan menyebarkan angket setiap siklusnya dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan informasi, self efficacy siswa masih dikategorikan rendah. Setelah diberi layanan informasi dengan menggunakan teknik ceramah dan media pada siklus I dengan 2 kali pertemuan self efficacy siswa belum mengalami peningkatan, sehingga dilanjutkan dengan siklus ke II. Dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan, sehingga pada siklus ke II menjadi 20 siswa yang mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan layanan informasi dapat meningkatkan self efficacy siswa di kelas XI Ipa1 SMAN 2 Perbaungan dapat diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, Layanan informasi.
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:40
Last Modified: 05 Sep 2019 10:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item