MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NAMIRA MEDAN

HASAN, ARAFIT (2017) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NAMIRA MEDAN. Masters thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
TESIS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Manajemen Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Namira Medan, yang meliputi Perencanaan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Guru di SMP Namira Medan, Pengorganisasian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Guru, Proses dan Pelaksanaan Pembinaan Kompetensi Guru yang Dilakukan Kepala Sekolah di SMP Namira Medan dan Pengawasan terhadap Kompetensi Guru yang Dilakukan Kepala Sekolah di SMP Namira Medan. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan proses reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Ada empat temuan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Perencanaan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Guru di SMP Namira Medan mencakup program-program pembinaan kompetensi guru adalah rencana kegiatan pembinaan kompetensi guru yang akan dilaksanakan oleh guru sekolah dalam kurun waktu (satu periode) tertentu. Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, kepala sekolah harus mengawali kegiatannya dengan menyusun program kerja perencanaan yang jelas, terarah, dan berkesinambungan dengan kegiatan pengawasan yang telah dilakukan pada periode sebelumnya. Kedua, Pengorganisasian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Guru berdasarkan keputusan rapat oleh kepala sekolah dengan membagi tugas sesuai dengan kemampuan dan profesionalitas. Dan pengorganisasian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam pembinaan kompetensi guru meliputi; a) Pengelompokan komponen pembinaan kompetensi guru, b) Membentuk struktur wewenang dan mekanisme koordinasi, c) merumuskan dan menetapkan metode dan prosedur pembinaan kompetensi guru, c) Menyediakan fasilitas, d) Mengadakan evaluasi dan pengukuran keberhasilan. Ketiga, Proses dan Pelaksanaan Pembinaan Kompetensi Guru yang Dilakukan Kepala Sekolah di SMP Namira Medan berpengaruh dalam peningkatan kualitas belajar mengajar, hal ini disebabkan adanya mekanisme yang lebih efektif dan lebih cepat dalam memanfaatkan sumber daya sekolah berdasarkan kebutuhan. Secara umum proses dan pelaksanaan pembinaan kompetensi guru yang dilakukan kepala sekolah di SMP Namira Medan melibatkan seluruh unsur-unsur yang terdapat di dalam sekolah, dan keseluruhan itu demi Pembinaan mutu pendidikan. Keempat, Pengawasan terhadap Kompetensi Guru yang Dilakukan Kepala Sekolah di SMP Namira Medan adalah mendorong guru untuk kreatif dan inovatif dengan melakukan beberapa pendekatan terhadap guru-guru dan staf khususnya guru yang berada di SMP Namira Medan. Pendekatan-pendekatan itu dilakukan dengan cara mengakrabkan diri dengan guru, misalnya berkunjung ke ruang guru. Dari hasil interview yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalin hubungan baik dengan para guru dan stat karyawan di SMP Namira Medan. Kepala sekolah tersebut, menjadi motivasi bagi guru-guru dan juga guru menjadi merasa diperhatikan oleh kepala sekolah sehingga jika ada permasalahan guru tidak segan untuk membicarakannya dengan kepala sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:50
Last Modified: 02 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item View Item