Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Kelas Vii A Di Mts Pp. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Habibah, Nur (2018) Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Kelas Vii A Di Mts Pp. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Kelas VII A Di MTs Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kabupaten Labusel Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tekniik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verivikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan : Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Kelas VII A Di MTs Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kabupaten Labusel dapat ditemukan bahwa:1) Mengkondisikan kelas dan memberikan motivasi, sebagai seorang guru tugasnya bukan hanya mengajarkan ilmu sebagaimana tertera dalam buku pelajaran atau sekedar mendidik dan membimbing siswa saja. Akan tetapi, juga menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.. 2) Memberikan sepotong-sepotong ayat, maka siswa-siswa akan lebih mudah untuk belajar membaca Al-Qur’an karena dengan sepotong-sepotong ayat tersebut siswa lebih teliti dalam membacanya dan lebih mudah memahami dari makhraj huruf, dan hukum ilmu tajwidnya.. 3) Memberikan metode yang sesuai yaitu metode ceramah . Dengan metode ini maka siswa akan lebih mudah untuk mendengarkan dan menyimak, mengkaji apa yang diceramahkan, pemahaman konsep, prinsip, fakta dan proses mencatat bahan pelajaran, sehingga siswa akan lebih mudah mengerti dan memahami apa yang di sampaikan oleh guru dalam pembelajaran tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.2 Al-Quran dan terjemahnya
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:12
Last Modified: 13 Aug 2019 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6335

Actions (login required)

View Item View Item