Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas Viii Mts Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung

Rezeki, Risa Sari (2017) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas Viii Mts Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Risa Sari Rezeki.pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan dengan model pembelajaran Inkuiri pada materi kubus dan balok serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Inkuiri pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 93 siswa. Untuk sampel yang diambil adalah kelas VIII-A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen A yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VIII-B sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen B yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ptoblem Based Learning (PBL) dan yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Perguruan Islam Murni Tembung tergolong cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masing-masing sebesar 67,400 dan 67,000. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:11
Last Modified: 13 Aug 2019 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6320

Actions (login required)

View Item View Item