Pengaruh Produk, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Produk Asuransi Takaful Dana Pendidikan (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Takaful Keluarga di Medan.

Nasution, Muhammad Azrai (2019) Pengaruh Produk, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Produk Asuransi Takaful Dana Pendidikan (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Takaful Keluarga di Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis M Azrai Nst.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jumlah nasabah asuransi takaful dana pendidikan menurun setiap tahunnya, padahal jumlah agen terus bertambah sekitar 10-15 orang setiap bulannya untuk memperbanyak jumlah nasabah. Hal ini bisa disebabkan oleh tingkat kepuasan nasabah yang dapat dipengaruhi oleh faktor produk, promosi, dan pelayanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk, promosi, dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah menggunakan produk asuransi takaful dana pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di PT. Asuransi Takaful Keluarga Medan dengan sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 70 responden. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner dengan skala likert dan diuji validitas dan realibilitas dengan aplikasi SPSS. Teknik analisis data dengan analisis OLS (Ordinary Least Square) yang didukung uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji t hitung serta uji f hitung menggunakan aplikasi Eviews. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel produk dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan hanya variabel promosi yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dengan demikian, pihak Asuransi Takaful Keluarga Medan sebaiknya terus dapat membuat produk-produk yang inovatif, meningkatkan kualitas pelayanan, serta giat dalam melakukan promosi agar tetap dapat bersaing dengan kompetitor untuk dapat mencapai target perusahaan dalam meningkatkan kepuasan nasabah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: produk, promosi, pelayanan, kepuasan nasabah.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:09
Last Modified: 30 Jul 2019 03:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item View Item