Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VI SD Negeri 104200 Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Dalimunthe, Nurkholidan (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VI SD Negeri 104200 Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SkripsiNURKHOLIDAN DALIMUNTHE_pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas VI SD Negeri 104200 Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas VI SD Negeri 104200 Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VI-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa, dan kelas VI-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas VI SD Negeri 104200 Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif Snowball Throwing adalah 87. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 65,78. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 4,944 > 2,027.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) .
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:02
Last Modified: 30 Jul 2019 02:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item