Suriani, Dary (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Metamorfosis Melalui Model Quantum Teaching Kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI DARY SURIANI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis sebelum menggunakan model quantum teaching di MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019. 2) Untuk mengetahui penerapan model quantum teaching pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis di kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan, yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan tes hasil bejar IPA dalam bentuk pilihan ganda dengan materi Metamorfosis. Tes ini dilakukan sebanyak tiga kali yaitu, tes pra tindakan (pre test), tes hasil belajar I (post test I), dan tes hasil belajar II (post tes II). Berdasarkan hasil penelitian pada tes awal (pre test) di kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan. Persentase ketutantsan klasikal dipeoleh 7 siswa (26,0%). Kemudian setelah diberi tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikkal 19 siswa (70,4%) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25 siswa (92,6%) Dari hasil tes belajar di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapann model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A. 2018/2019.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Model Quantum Teaching |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 02:01 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 02:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6136 |
Actions (login required)
View Item |