Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 12 MEDAN T.A 2018/2019.

Munawwaroh, Nisaul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 12 MEDAN T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NISAUL MUNAWWAROH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V MIN 12 MEDAN. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, dan kelas V-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 12 Medan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah adalah 82,39.Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 78,91. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh atau 5,240 > 1.6802.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Hasil Belajar IPS.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:57
Last Modified: 12 Jul 2019 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item View Item