Siambaton, Siti Khodijah (2019) Pengaruh Model Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 101874 Tumpatan Nibung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP MURNI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Model Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 101874 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quacy Experiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VA dan siswa kelas VB berjumlah 67 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling. yaitu sampel adalah keseluruhan jumlah populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model Pair Check berjumlah 35 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol menggunakn model konvensional berjumlah 32 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen (VA) memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai 80 dibandingkan kelas kontrol (VB) dengan nilai 75.94. 2) Terdapat pengaruh model Pair Check tehadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,68 > 1,6 (n= 65) dengan taraf signifikan yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model Pair Check berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pair Check, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 04:57 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 04:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6074 |
Actions (login required)
View Item |