Pengaruh Model Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 101874 Tumpatan Nibung.

Siambaton, Siti Khodijah (2019) Pengaruh Model Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 101874 Tumpatan Nibung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP MURNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Model Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 101874 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quacy Experiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VA dan siswa kelas VB berjumlah 67 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling. yaitu sampel adalah keseluruhan jumlah populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model Pair Check berjumlah 35 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol menggunakn model konvensional berjumlah 32 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen (VA) memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai 80 dibandingkan kelas kontrol (VB) dengan nilai 75.94. 2) Terdapat pengaruh model Pair Check tehadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,68 > 1,6 (n= 65) dengan taraf signifikan yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model Pair Check berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pair Check, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:57
Last Modified: 12 Jul 2019 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6074

Actions (login required)

View Item View Item