Penerapan Layanan Informasi dalam Meregulasi Diri Siswa Kelas X Yayasan Perguruan MAS MADINATUSSALAM Sumatera Utara

Nasution, Rahmah Kholilah (2019) Penerapan Layanan Informasi dalam Meregulasi Diri Siswa Kelas X Yayasan Perguruan MAS MADINATUSSALAM Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Layanan Informasi adalah layanan yang berupaya memenuhi kekurangan individu akan informasi yang mereka perlukan. Layanan informasi yang bermakna usaha-usaha untuk membekali siswa dengan pengetahuan serta pemahaman tentang lingkungan hidupnya dan tentang proses perkembangan anak muda, melalui layanan informasi ini siswa memperoleh informasi, terkhusus informasi dalam meregulasi diri siswa hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya regulasi diri yang dimiliki siswa kelas X MAS YP. Madinatussalam adalah seperti: gangguan dalam pembelajaran, gangguan mempelajari jenis-jenis kemampuan yang diperlukan seperti mencintai lawan jenis, memiliki konsep diri yang negatif, atau terlanjur mempelajari bentuk bentuk perilaku yang maladatif misalnya, anak yang tumbuh menjadi remaja yang kurang meregulasi dirinya karena meniru perilaku orang tua dan tekanan keadaan di dalam keluarga atau lingkungan yang tidak harmonis, sehingga kebanyakan remaja lupa akan tugas-tugas yang harus dicapainya untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi diri yang dimiliki siswa, dan untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan informasi dalam meregulasi diri siswa di kelas X YP. MAS Madinatussalam. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan bagaimana dan apa-apa saja penerapan layanan informasi dalam meregulasi diri siswa, data diperoleh dari sumber data primer yaitu guru wali kelas, wakil kepala sekolah dan siswa MAS YP Madinatussalam, adapun pemilihan informan yang diperoleh dari data-data yang diberikan guru BK dan hasil observasi yang dilakukan peneliti, tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang berbentuk foto-foto, untuk menguji keabsahan data digunakan tehnik triangulasi. Adapun hasil dari layanan informasi yang telah diterapkan membuat sebagian besar siswa dapat meregulasi dirinya di YP. MAS Madinatusslam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Meregulasi Diri Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:59
Last Modified: 24 Jun 2019 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item