Analisis Pengaruh Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatkan Jumlah Penghimpunan Dana Zakat Baznas Sumatera Utara

Hasibuan, Idris Afandi (2016) Analisis Pengaruh Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatkan Jumlah Penghimpunan Dana Zakat Baznas Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRPSI B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran menjadi aspek penting bagi Badan Amil Zakat agar dapat meningkatkan tingkat penghimpunan dana zakat. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pemasaran, zakat menjadi sesuatu yang dipasarkan dengan berbagai strategi. BAZNAS Sumatera Utara telah menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) untuk meningkatkan penghimpunan dana zakat, diantaranya menyelanggarakan program-program pemberdayaan zakat yang inovatif, sosialisasi zakat di berbagai media, memperbaiki layanan teknologi dan komunikasi, dan meningkatkan kemampuan SDM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran yang diterapkan BAZNAS Sumatera Utara berupa program, lokasi, promosi, pelayanan, proses dan lingkungan fisik terhadap penghimpunan dana zakat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang merupakan Muzakki di BAZNAS Sumatera Utara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program, lokasi, promosi, pelayanan, proses, dan lingkungan fisik secara simultan maupun parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penghimpunan dana zakat. Dari hasil uji regresi linier berganda diperoleh bahwa pada tabel ANOVA, nilai F hitung (11,498) > F tabel (3,092) dengan tingkat probability 0,000 (0,000 < 0,05). Tabel Coefficient menunjukan variabel program (X1) memiliki nilai t hitung (3,438) > t tabel (2,034), varibel lokasi (X2) memiliki t hitung (3,247) > t tabel (2,034). variabel promosi (X3) memiliki t hitung (3,204) > t tabel (2,034), variabel pelayanan (X4) memiliki t hitung (2,721) > t tabel (2,034), variabel proses (X5) memiki t hitung (3,243) > t tabel (2,034), variabel lingkungan fisik memiliki t hitung (3,275) > t tabel (2,034). Variabel independen yang paling dominan mempengaruhi penghimpunan dana zakat adalah variabel program (X1).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:54
Last Modified: 24 Jun 2019 07:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item View Item