Anisa, Siti (2018) Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
|
Text
SKRIPSI SITI ANISA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sebagai instansi pelayanan publik bagi masyarakat umum, kantor desa helvetia memiliki masalah utama dalam pelayanan yang diberikan yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat, salah satu permasalahnya yaitu daya tanggap pegawai dalam melayani masyarakat. Oleh karena itu pihak kantor desa dituntut untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh pelayanan publik yang terdiri atas 5 dimensi kualitas pelayanan sebagai variabel yaitu daya tanggap / responsiveness, keandalan / reability, jaminanan / assurance, perhatian / emphaty, dan bentuk fisik / tangibles terhadap kepuasan masyarakat. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada masyarakat yang pernah membuat SKTM di Kantor Desa Helvetia dengan sampel sebanyak 84 orang. Pengumpulan data sampel dilakukan dengan teknik accindental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan SPSS. 22.0 . Hasil analisis secara parsial / berdasarkan uji t menunjukkan bahwa pertama, variabel daya tanggap / responsiveness, keandalan / reability, perhatian / emphaty, dan bentuk fisik / tangibles berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat di Kantor Desa Helvetia, dengan nilai t hitung > t tabel. Kedua, variabel jaminanan / assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Helvetia, dengan nilai t hitung < t tabel. Ketiga, secara simultan / berdasarkan uji F bahwa variabel indenpenden berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Helvetia, dengan nilai f hitung 29,833 > f tabel pada tingkat signifikan 0,05. Pada determinasi R2 (R square) diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,657. Sehingga nilai ini menunjukkan bahwa 65,7% kepuasan masyarakat di Kantor Desa Helvetia dipengaruhi oleh variabel daya tanggap / responsiveness, keandalan / reability, jaminanan / assurance, perhatian / emphaty, dan bentuk fisik / tangibles.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 08:33 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 08:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5645 |
Actions (login required)
View Item |