Mukhlis, Mukhlis (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Alquran (Kajian Tafsir Surat Al-Hijr Ayat 26-44). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
|
Text
tesis berjudul Nilai-nilai pendidikan dalam Alquran (Kajian .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara kritis isyarat dalam ayat-ayat surah al-Hijr ayat 26-44 yang berbicara dan memiliki relevansi dengan nilai-nilai pendidikan akidah dan nilai-nilai pendidikan akhlak. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk; a) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akidah dan nilai pendidikan akhlak dalam surah al-Hijr ayat 26-44, b) Mendeskripsikan implikasi nilai pendidikan akidah dan nilai pendididikan akhlak dalam surah al-Hijr ayat 26-44 dalam pendikan Islam kontemporer. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau penelitian non-lapangan (library research). Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; nilai-nilai pendidikan akidah dan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surah Al-Hijr ayat 26-44, secara umum mengacu kepada memperbaiki akidah, memperbaiki akhlak. Kesimpulan ini dirangkum berdasarkan interpretasi terhadap Q.S. al-Hijr/14: 26-44. Adapun nilai pendidikan akidah dalam surah al-Hijri ayat 26-44 ini, yaitu: a. Nilai beriman kepada Allah b. Nilai beriman hari kiamat, c. Nilai beriman kepada malaikat. Adapun nilai pendidikan akhlak, yaitu: a. larangan bersifat sombong. b. Anjuran bertakwa, c. Anjuran bersifat tawadu, d. Anjuran untuk menjauhi maksiat.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat tertentu; > 2X1.47 > 2X1.476 Ayat-ayat mengenai pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 09:31 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 09:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5488 |
Actions (login required)
View Item |