AL-MUSYTARAK AL-LAFDZY MENDEKONSTRUKSI ARGUMEN TAFSIR TEKSTUAL - LUQMAN

Luqman, Luqman AL-MUSYTARAK AL-LAFDZY MENDEKONSTRUKSI ARGUMEN TAFSIR TEKSTUAL - LUQMAN. Jurnal Ibn Abbas, 1 (2). ISSN 2620-7885

[img]
Preview
Archive
127-147 LUQMAN - AL-MUSYTARAK AL-LAFDZI MENDEKONSTRUKSI ARGUMEN TAFSIR TEKSTUAL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang dapat mendekontruksi argumen tekstual adalah kaidah-kaidah teks juga, di antaranya kaidah al-musytarak al-lafdzi yang sejak generasi awal para mufassir telah meletakkan fondasi dasarnya. Seperti apakah kaidah al-musytarak al-lafdzi ini?. Bagaimana kaidah ini dapat mendekontruksi paham tekstual ini? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dilakukan kajian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara mamaparkan data yang berasal dari kajian pustaka kemudian ditarik kesimpulan umum. Hasil kajian ini membuktikan kaidah al-musytarak al-lafdzi dapat menganalisa makna teks agama secara komprehensif. Yaitu dengan memahami makna lafadz dari akar bahasa secara holistik, satu kata memiliki makna ganda, terulang di banyak posisi yang memiliki arti yang berbeda-beda, menggambarkan sebuah makna teks secara komprehensif dan integral. Kajian ini bagian dari upaya dekontruksi pemikiran tekstualis dengan menggunakan instrumen yang mereka gunakan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2X1.13 Bahasa Alquran
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2X1.16 Sejarah Quran
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran > 2X1.31 Ilmu Tafsir
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.5 Kritik dan komentar mengenai Alquran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr Ahmad Sabili
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:59
Last Modified: 06 Feb 2019 05:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item View Item