Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Penggunaan Sosiometri Pada Siswa Di Kelas VIII-1 MTs Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung

Utami, Putri (2018) Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Penggunaan Sosiometri Pada Siswa Di Kelas VIII-1 MTs Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
PUTRI UTAMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial adalah sebuah hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan antar individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu. Dalam interaksi juga terdapat symbol, di mana symbol diartikan sebagai sesuatu yang nilai atau maknanya diberikan kepadanya oleh mereka yang menggunakannya. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial siswa di kelas VIII-1 di sekolah MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung dengan menggunakan sosiometri dan juga dibantu dengan tindakan yan berasal dari layanan yang ada pada bimbingan konseling yaitu konseling kelompok. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang memiliki interaksi yang kurang baik atau kurang berkesan di hati teman-teman yang lainnya. Jenis penelitian ini adalah PTBK yaitu penelitian yang berusaha meningkatkan interaksi sosial siswa dengan menggunakan sosiometri. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa ada beberapa siswa yang memiliki interaksi yang kurang baik, namun karena penelit menggunakan tindak lanjut berupa konseling kelompok maka hanya dapat dipilih 10 orang saja. Sebelum dilakukan konseling kelompok hanya ada 2 orang yang berhasil masuk kepada kategori populer. Pada siklus I setelah dilakukan konseling kelompok sudah terjadi peningkatkan interaksi sosial siswa di kelas yakni sebanyak 50% walau belum mencapai target keberhasilan. Kemudian pada siklus II terjadi terjadi peningkatan kembali sebanyak 60% dan pada siklus II ini sudah mencapai tingkat keberhasilan. Jadi penggunaan sosometri dapat meningkatkan interaksi sosial siswa namun juga dibantu dengan adanya tindak lanjut berupa layanan konseling kelompok di sekolah MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa (anggota kelompok) meningkat, hal ini dapat membuktikan dari hasil analisis angket sosiometri, observasi, dokumentasi dan penilaian hasil layanan konseling kelompok (laiseg).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 28 Jan 2019 09:05
Last Modified: 26 Jun 2019 02:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item