Upaya Guru BK Dalam Menerapkan Layanan Konseling Sesuai Kurikulum 2013 Di MTs N 3 Medan Tahun Ajaran 2018-2019

Afrian, Mukhlis (2018) Upaya Guru BK Dalam Menerapkan Layanan Konseling Sesuai Kurikulum 2013 Di MTs N 3 Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Medan, adapun tuujuannya adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling di MTs Negeri 3 Medan sesuai kurikulum 2013, 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya penerapan layanan konseling di MTs Negeri 3 Medan sesuai dengan kurikulum 2013, 3) Untuk mengetahui hambatan pelaksanaan penerapan layanan konseling di MTs Negeri 3 Medan. Subjek dari penelitian ini adalah Guru BK yang telah melakukan berbagai upaya berkaitan dengan penarapan Layanan Konseling sesuai Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap upaya Guru BK dalam menerapkan layanan konseling sesuai kurikulum 2013 di MTs Negeri 3 Medan. Penyajian data menggunakan tiga tahapan proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan peneltian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) Kurikulum 2013 MTs Negeri 3 Medan sudah berjalan secara efektif dan efesien sejak tahun pelajaran 2015-2016 yang sudah berjalan sampai saat ini di MTs Negeri 3 Medan. 2) Peranan Guru BK di MTs Negeri 3 Medan adalah membantu mengantaskan masalah dari segala sesuatu yang menjadi permasalahan siswa, guru BK mempunyai anak asuh sebanyak 150 siswa pertahunnya, ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Pada pasal 54 ayat 6. 3) Upaya penerapan layanan konseling yang dilakukan oleh Guru BK adalah melaksanakan layanan bimbingan dan konseling (BKP, KKP ,KI), memberikan pemahaman diri peserta didik tentang potensi, membantu peserta didik meilih peminatan kelompok belajar, membimbing perkembangan keberagamaan dan keindividualan peserta didik, membuat program pembelajaran pemerintah (program tahunan, bulanan, mingguan dn harian serta RPL), mewujudkan visi dan pencapaian tujuan bimbingan dan konseling, menjadikan peserta didik yang mandiri, memberikan layanan informasi tentang peminatan, memantapkan minat belajar siswa, menentukan minat untuk melakukan pilihan study lanjut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 28 Jan 2019 09:05
Last Modified: 25 Jun 2019 16:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item