Peran Guru Bk Dalam Mengembangkan Self Control Siswa Di MTs Alwasliyah Bandar Khalifah Kabupaten Serdang Bedagai

Sinaga, Indah Ayu Wahyuni (2018) Peran Guru Bk Dalam Mengembangkan Self Control Siswa Di MTs Alwasliyah Bandar Khalifah Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya siswa yang tidak bisa mengontrol sikapnya dengan baik (Self Control) khususnya di kelas VIII MTs Alwasliyah Bandar Khalifah, hal ini diketahui melalui wawancara dengan guru bk dan informasi lainnya. Gejala Self Control di kelas VIII MTs Alwasliyah Bandar Khalifah adalah kurangnya bisanya siswa mengontrol sikap pada saat proses belajar belajar berlangsung, siswa lebih sering berbicara dengan teman disampingnya, membuat banyak guru yang mengeluhkan sikap siswa tersebut, sehingga mengharuskan keterlibatan guru BK untuk membantu siswa agar bisa mengontrol sikapnya dengan baik pada saat proses belajar berlangsung dan diluar proses belajar seperti cabut dalam pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Self Control siswa, peran guru BK dalam mengembangkan Self Control siswa dan apa kendala guru BK dalam mengembangkan Self Control siswa di MTs Alwasliyah Bandar Khalifah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Self Control siswa, Bagaimana peran guru BK dalam mengembangkan Self Control siswa dan apa kendala guru BK dalam mengembangkan Self Control siswa di MTs Alwasliyah Bandar Khalifah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode yang digunakan adalah wawancara dan dokumenter untuk membentuk Self Control siswa di MTs Alwasliyah Bandar Khalifah. Subjek adalah beberapa orang siswa kelas VIII MTs Alwasliyah Bandar Khalifah yang memiliki Self Control kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru BK dalam mengembangkan Self Control siswa di MTs Alwasliyah Bandar Khalifah adalah dengan pemberian layanan bimbingan konseling, dan pendekatan kepada siswa secara keseluruhan, peran yang dilakukan oleh guru BK dirasakan sudah cukup baik walaupun latar belakang pendidikan bukanlah tamatan dari BK tetapi guru BK tau apa yang harus diberikan kepada siswanya agar bisa mengontrol diri dengan baik tidak mudah terpengarauh ajakan teman. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi Self Control siswa adalah faktor lingkungan sekitar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:49
Last Modified: 26 Jun 2019 02:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item View Item