Pengaruh strategi pembelajaran Group Investigasi (IG) dan strategi pembelajaran Quantum Learning (QL) terhadap hasil belajar biologi mahasiswa tadris biologi UIN-SU tahun ajaran 2018/2019

Tanjung, Indayana Febriani (2018) Pengaruh strategi pembelajaran Group Investigasi (IG) dan strategi pembelajaran Quantum Learning (QL) terhadap hasil belajar biologi mahasiswa tadris biologi UIN-SU tahun ajaran 2018/2019. [Experimen]

[img]
Preview
Text
soft Copy Laporan Penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDAYANA FEBRIANI TANJUNG Pengaruh Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Strategi Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Mahasiswa Tadris Biologi UIN Sumatera Utara Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Group Investigation, (2) Perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Quantum Learning, dan (3) Pengaruh hasil belajar biologi yang menggunakan Strategi Pembelajaran Group Investigation, Strategi Pembelajaran Quantum Learning dan strategi pembelajaran Konvensional.Metode penellitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel 3 kelas. Instrumen penelitian menggunakan 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabel, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Teknik ini menggunakan analisis anova dengan bantuan SPSS 2.0 Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Group Investigation (2) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Quantum Learning (3) Terdapat pengaruh hasil belajar biologi yang menggunakan Strategi Pembelajaran Group Investigation, Strategi Pembelajaran Quantum Learning dan strategi pembelajaran Konvensional Fhitung=107,998; P.=0,000. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan kepada bagi dosen atau pendidik dapat menggunakan strategi pembelajaran Group Investigation dan Quantum Learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran yang bisa dilakukan di kelas dan bagi pembaca atau peneliti lain bisa menggunakan strategi pembelajaran lain selain strategi pembelajaran Group Investigation dan Quantum Learning. Kata Kunci: Hasil Belajar Biologi, Group Investigation (GI), Quantum Learning (QL), Pembelajaran Konvensional.

Jenis Item: Experimen
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Biologi, Group Investigation (GI), Quantum Learning (QL), Pembelajaran Konvensional.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 19 Jan 2019 04:43
Last Modified: 19 Jan 2019 04:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item