Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa

Sinaga, Muhammad Afandi (2018) Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (Sampul)
SAMPUL (2).pdf - Accepted Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK (2).pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (2).pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II (2).pdf - Accepted Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (2).pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV (2).pdf - Accepted Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (2).pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bentuk-bentuk hidden curriculum yang ada di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa, 2. Pelaksanaan hidden curriculum dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa, dan 3. Untuk mengetahui seberapa perlunya hidden curriculum dilaksanakan dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian naturalistik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan: Bentuk-bentuk hidden curriculum di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa yaitu: Apel pagi, pelantunan asmaul husna, mengucapkan salam, pemberian hormat, berdoa sebelum memulai pembelajaran, salat Zuhur berjamaah, infak jumat, membaca Alquran, kegiatan 3S (senyum, sapa, dan salam), kegiatan sabtu bersih. Pelaksanaan Hidden Curriculum dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa diterapkan melalui dua bentuk pembiasaan, yaitu sebagai berikut: 1. Pembiasaan Terjadwal, meliputi: a. Apel Pagi, b. Pelantunan Asmaul Husna, c. Pemberian Hormat, d. Berdoa Sebelum Belajar, e. Salat Berjamaah, f. Infak Jumat, g. Membaca Alquran, dan h. Kegiatan Sabtu Bersih. 2. Pembiasaan Spontan, meliputi: a. mengucapkan salam dan b. kegiatan 3S (senyum, sapa, dan salam).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hidden Curriculum, Nilai Pendidikan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: anisa fitri
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:51
Last Modified: 01 Jul 2019 05:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4940

Actions (login required)

View Item View Item