Sinaga, Muhammad Afandi (2018) Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Image (Sampul)
SAMPUL (2).pdf - Accepted Version Download (423kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK (2).pdf - Accepted Version Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1 (2).pdf - Accepted Version Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II (2).pdf - Accepted Version Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (2).pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV (2).pdf - Accepted Version Download (364kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V (2).pdf - Accepted Version Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Accepted Version Download (143kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bentuk-bentuk hidden curriculum yang ada di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa, 2. Pelaksanaan hidden curriculum dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa, dan 3. Untuk mengetahui seberapa perlunya hidden curriculum dilaksanakan dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian naturalistik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan: Bentuk-bentuk hidden curriculum di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa yaitu: Apel pagi, pelantunan asmaul husna, mengucapkan salam, pemberian hormat, berdoa sebelum memulai pembelajaran, salat Zuhur berjamaah, infak jumat, membaca Alquran, kegiatan 3S (senyum, sapa, dan salam), kegiatan sabtu bersih. Pelaksanaan Hidden Curriculum dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa diterapkan melalui dua bentuk pembiasaan, yaitu sebagai berikut: 1. Pembiasaan Terjadwal, meliputi: a. Apel Pagi, b. Pelantunan Asmaul Husna, c. Pemberian Hormat, d. Berdoa Sebelum Belajar, e. Salat Berjamaah, f. Infak Jumat, g. Membaca Alquran, dan h. Kegiatan Sabtu Bersih. 2. Pembiasaan Spontan, meliputi: a. mengucapkan salam dan b. kegiatan 3S (senyum, sapa, dan salam).
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hidden Curriculum, Nilai Pendidikan Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | anisa fitri |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 01:51 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 05:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4940 |
Actions (login required)
View Item |