Peningkatan Kemampuan Qiraah Alquran Dengan Fasahah Melalui Pembelajaran Langsung Di Mtsn 1 Model Medan

Atikah, Tun (2011) Peningkatan Kemampuan Qiraah Alquran Dengan Fasahah Melalui Pembelajaran Langsung Di Mtsn 1 Model Medan. Masters thesis, Pascasarjana IAIN-SU.

[img]
Preview
Text
Caver.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BACAAN.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya ditingkatkan kemampuan cara belajar Fasahah dengan menggunakan cara belajar Langsung di MTsN 1 Model Medan dan sekaligus mengungkapkan, mendeskripsikan serta menganalisis kemampuan siswa dalam memahami dan membaca Alquran dengan baik dan benar. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen kunci dalam mengumpulkan data. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan beberapa langkah yaitu dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan data. Untuk mencapai kepercayaan data penelitian yang telah dikumpulkan, dilakukan dengan derajat tingkat kepercayaan (credibilitas), keteralihan (transferabilitas), kebergantungan (dependabilitas), dan kepastian (comfirmabilitas). Dalam penelitian ini ditemukan beberapa hal diantaranya: 1. Pada siklus pertama berdasarkan catatan lapangan dan hasil diskusi, guru mitra, kolaborator dan peneliti diperoleh data dari 37 anak terdapat 13 anak atau 56% yang menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi dengan kriteria (a) menjawab pertanyaan guru, (b) mengajukan pertanyaan, (c) membaca sesuatu yang didengar dan dilihatnya, (d) ber tentang gambar yang dibuatnya dan dilihatnya, dan (e) menirukan tulisan/huruf dan kata. Hal yang sama berlaku pada kemampuan membaca Alquran dengan kriteria kemampuan meliputi: (a) melafalkan bunyi huruf hijaiyyah, (b) melafalkan huruf Idgham, (c) penggabungan bunyi huruf dalam sebuah kata, dan (d) serta membaca Alquran secara sederhana. 2. Pada siklus kedua berdasarkan catatan lapangan dan hasil diskusi, guru mitra, kolaborator dan peneliti diperoleh data dari 37 anak terdapat 30 anak atau 70% yang menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi dalam membaca Alquran secara baik dan selebihnya kurang baik (30%). 3. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan pembelajaran Alquran yang disajikan melalui kegiatan permainan bervariasi dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan membaca Alquran anak. Hal ini dapat terjadi, karena dalam pembelajaran Alquran melalui kegiatan permainan bervariasi, anak tidak terbebani hal-hal yang bersifat akademis karena sesungguhnya hakikat pembelajaran di MTsN 1 Medan lebih menekankan aktivitas pembelajaran yang riang sehingga konsep membaca Alquran sangat kental.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 28 Apr 2016 09:18
Last Modified: 28 Apr 2016 09:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item