Akbar, Rahmat (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DAN TIPE MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DI KELAS VIII MTs AL-WASHLIYAH TANJUNG MULIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Image (SAMPUL)
Cover skripsi RA.pdf - Accepted Version Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI RA.pdf - Accepted Version Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI RA.pdf - Accepted Version Download (630kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI RA.pdf - Accepted Version Download (452kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV SKRIPSI RA.pdf - Accepted Version Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V SKRIPSI RA.pdf - Accepted Version Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI RA.pdf - Accepted Version Download (219kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) dan model pembelajaran kooperatif Tipe Missouri Mathematics Project (MMP) di kelas VIII MTs Al-Wasliyah Tanjung Mulia Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Wasliyah Tanjung Mulia Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A berjumlah 26 siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kelas VIII-B berjumlah 24 siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe MMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes Hasil Belajar Matematika (THBM). THBM secara isi telah divalidasi oleh tiga orang validator yaitu dua orang dosen pendidikan matematika dan satu orang guru matematika. THBM juga telah diujicobakan pada kelas IX MTs Al-Wasliyah Tanjung Mulia untuk menghitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Pada kelas eksperimen A diperoleh rata-rata tes awal sebesar 16,92 rata-rata tes akhir sebesar 30,42 dan rata-rata peningkatan hasil belajar (selisih tes awal dan tes akhir) diperoleh 13,5. Untuk kelas eksperimen B diperoleh rata-rata tes awal sebesar 17,54 rata-rata tes akhir sebesar 28,79 dan rata-rata peningkatan hasil belajar (selisih tes awal dan tes akhir) diperoleh 11,25. Dari hasil analisis tes akhir kelas eksperimen A diperoleh L-hitung≤L-tabel yakni 0,125≤0,174, dan tes akhir kelas eksperimen B diperoleh L-hitung≤L-tabel yakni 0,170≤0,181. Sehingga data tes akhir kedua kelas eksperimen berdistribusi Normal. Dari uji homogenitas tes akhir kedua sampel bersifat homogen, dimana Fhitung<Ftabel yaitu 1,396<1,974. Setelah dilakukan uji hipotesis data tes akhir menggunakan uji-t didapat bahwa thitung>ttabel yaitu 1,846>1,679 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan tipe MMP di kelas VIII MTs Al-Wasliyah Tanjung Mulia Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW), Tipe Missouri Mathematics Project (MMP) |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | utari surya kartika |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 09:54 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 09:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4791 |
Actions (login required)
View Item |