Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Sdn 056003 Paya Kasih Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat

Siddik, Fajar (2013) Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Sdn 056003 Paya Kasih Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Masters thesis, Pascasarjana IAIN-SU.

[img]
Preview
Text
CAVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengamalan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada Siswa di SDN 056003 Paya Kasih Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu Sekolah Dasar Negeri Nomor 056003 Paya Kasih Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterpretasikan kemudian dianalisis, untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengamalan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa di SDN 056003 Paya Kasih, bagaimana usaha guru dalam membantu peserta didik dalam membiasakan pengamalan pendidikan agama Islam, serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat di dalam pembiasaan pengamalan pendidikan agama Islam pada peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam beserta guru-guru kelas sudah sangat optimal dalam membantu peserta didik dalam penerapan pembiasaan pengamalan pendidikan agama Islam. Terbukti dengan hasil pengamatan peneliti dan wawancara, bahwa guru tidak hanya sekedar memberikan pelajaran agama tetapi juga memberikan pemahaman-pemahaman agama, contoh yang baik, mengasakan variasi pembelalaran dan ikut serta dengan siswa dalam melakukan pembiasaan pengamalan pendidikan agama Islam di sekolah, sepertimenebarkan salam, ṣalat berjama’ah, melakukan pagi bersih dan membiasakan membaca Al-Qur’an dan doa-doa harian. Disamping itu pihak sekolah mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Seperti kegiatan Ekstra kulikuler Pesantren kilat, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dannlain sebagainya. Pembiasaan pengamalan nilai-nilai yang terkandung pada pendidikan agama Islam pada peserta didik sudah cukup baik terbukti dengan hasil surve yang dilaukan pada siswa di lingkungan sekolah dan hasil wawancara bahwa mereka melakukan pepmbiasaan-pembiasaan dalam mengamalkan ajaran islam yang diajarkan di ruang kelas dengan melakukan prektek ibadah dan membiasakannya di dalam kesehariannya seperti menebarkan salam, berbusana muslim bagi anak didik perempuan, melaksanakan sholat membiasakan membaca dan menghafal Al-Qur’an serta membiasakan hidup bersih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 23 Apr 2016 03:05
Last Modified: 23 Apr 2016 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item