Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas Vii Mts Islamiyah Medan T.P 2017/2018

Pane, Nursyahbany Sitorus (2018) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas Vii Mts Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Skripsi thesis, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (Sampul)
sampul.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelititan ini adalah 6 siswa kelas VII-A MTs Islamiyah Medan yang berasal dari siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan komunikasi matematis siswa diukur berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yakni (1) Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, dan mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual; (2) Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis secara tertulis, maupun dalam bentuk visual lainnya; (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, menggambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) subjek dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik pada setiap indikator baik indikator 1, 2 dan 3; (2) subjek dengan kemampuan sedang juga memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik pada indikator 1 dan 2 dan kurang baik pada indikator 3; (3) subjek dengan kemampuan rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik pada setiap indikator.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Abdul, Halim. Dkk. 2010. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Ahmad, dkk. 2012. A Cognitive Tool to Support Mathematical Communication in Fraction Word Problem Solving. WSEAS Transactions on Computers. Vol. 7 No. 4. Ali, Awa dkk. 2013. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dalam Memahami Volume Bangun Volume Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo. Vol. 3 No. 12. Ansari. 2016. Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit Pena. Darkasyi, Muhammad, dkk. 2014Peningkatan Kemampuan Komunikasi .... Jurnal Didaktika Matematika: ISSN 2355-4182, Vol. 1, No. 1. Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Engkoswara dan Aan Komariah. 2015. Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Humonggio, Ingko. 2013. Deskripsi kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tibawa. Jurnal Matematika Universitas Negeri Gorontalo. Ina V . S Mullis, at. al. 2012, TIMSS 2011 International Result in Mathematics, (USA : TIMSS & PIRLS International Study Centre, 2012). Kosko, & J. Wilkins. 2012. “Mathematical Communication and Its Relation to the Frequency of Manipulative Use”. International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol 5 no 2. Majid, Abdul. 2014. Implimentasi Kurikulum 2013. Bandung : Interes Media. Mardianto. 2014. Psikologi Pendidikan (Ladasan Untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran). Medan: Perdana Publishing. Mudjoyono, dan Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Muhammad, Darkasyi, Dkk, 2014, Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktika Matematika: ISSN 2355-4182, Vol. 1, No. 1, April 2014. hal. 256 Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Nata, Abuddin. 2010. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ramdani, Yani, 2012, Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral, (FMIPA Unisba: Jurnal Penelitian Pendidikan,) Rahmawati. Fitria. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar, Lampung: Makalah Seminar. Rusman. 2015. Pembelajaran Temati Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Grafindo. Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Satoto. 2012. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suka Press. Subekti. 2011. Ensiklopedia Matematika Jilid I. Jakarta: Ikrar Mandiriabadi. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Suhendra. 2015. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Sumarmo, Utari. 2016. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal FPMIPA UPI, Vol. 2 No 1. Sumarmo, Utari. 2010. Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press, cet ke-1. Susanto, Ahmad. 2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, Cet. 1. hal. 213. Syahrum, dan Salim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media. Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Surabaya: Rosda. ___________. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Syaukani. 2015. Metode Penelitian Pedoman Praktis dalam Bidang Pendidikan. Medan: Perdana Publishing. Syukur. 2016. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Citapustaka Media. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Ubaidah, nila. 2016. “Pemanfaatan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Make a Match”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, Vol. 4 No. 1. Umar, Wahid. 2012. “Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika”. Infinity, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP : Vol.1 no.1 Tahun 2012, hal. 1-2. Zuliana, Eka. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII B MTsN Kududs Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Masalah Materi Kubus dan Balok (UMK: Jurnal Penelitian)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: puspita sari
Date Deposited: 07 Dec 2018 07:25
Last Modified: 07 Dec 2018 07:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4653

Actions (login required)

View Item View Item