Urgensi konseling dalam pembentukan jati diri dan disiplin remaja di rumah penyayangtun abdul razak pekan, Pahang, Malaysia

Bin Daud, Muhammad Amirul Adli (2018) Urgensi konseling dalam pembentukan jati diri dan disiplin remaja di rumah penyayangtun abdul razak pekan, Pahang, Malaysia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD AMIRUL ADLI BIN DAUD.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan teknik yang dipratikkan di Rumah Penyayang Tun Abdul Razak Pekan, Pahang yang boleh memebentuk jati diri remaja supaya menjadi remaja yang bagus ke arah positif atau negative. Untuk mengentahui pentingnya konseling remaja ini untuk kedepannya, hambatan-hambatan konseling remaja dalam pembentukan jati diri dan disiplin remaja, di Rumah Penyayang Tun Abdul Razak, Pekan, Pahang, Malaysia. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah para penyelia asrama dan pembimbing agama. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi dengan menggunakan metode mengolah data, reduksi data,, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Metode penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Rumah Penyayang Tun Abdul Razak dapat ditarik kesimpulan bahawasanya dengan adanya urgensi konseling di tempat tersebut dapat membentukkan jati diri dan disiplin remaja dengan lebih positif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik konseling remaja di Rumah Penyayang Tun Abdul Razak ini menggunakan metode interaksi yang baik.Bentuk kepentingan konseling yang telah diberikan oleh Rumah Penyayang Tun Abdul Razak kepada remaja ada dua macam yaitu menggunakan asosiasi bebas dan asosiasi terikat. Cara pihak lembaga untuk mengetahui remaja itu sudah mandiri dengan melihat perubahan sikap remaja dengan tiga cara seperti sentiasa didorong, kurang diberi dorongan dan tiada dorongan.Sedangkan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh penyelia asrama serta pembimbing agama disini adalah masalah pembelajaran remaja di sekolah dan remaja bertindak agresif. Manakala keberhasilan dari proses konseling dalam pembentukan jati diri dan disiplin adalah perubahan sikap, kerjasama yang baik, penambahan wawasan, dapat melakukan sesuatu perkara tanpa bantuan orang lain, remaja semangat untuk meneruskan kehidupan hariannya dan keilmuan yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 07 Dec 2018 06:35
Last Modified: 18 Jun 2019 07:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item