Pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di mas pab 2 helvetia tahun ajaran 2018

Hasibuan, Lailan Rifani (2018) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di mas pab 2 helvetia tahun ajaran 2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
File skripsi bab 1-lampiran.pdf - Submitted Version

Download (957kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di MAS PAB 2 Helvetia, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik triangualasi melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Objek penelitian adalah Kepala Madrasah, Guru-Guru, dan staf pegawai di Madrasah Aliyah PAB 2 Helvetia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Adapun tujuan peneletian ini mengungkapkan : (1) pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di MAS PAB 2 Helvetia, (2) Pelaksanaan fungsi-fungsi supervisi pembelajaran di MAS PAB 2 Helvetia, (3) Kinerja guru di MAS PAB 2 Helvetia, (4) Pelaksaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di MAS PAB 2 Helvetia. Hasil penelitian ini mengungkapkan empat temuan yaitu : (1) Pelaksanaan supervisi pembelajaran di MAS PAB 2 Helvetia sudah direncanakan dan dilaksanakan di MAS PAB 2 Helvetia. (2) Pelaksanaan fungsi-fungsi pembelajaran diMAS PAB 2 Helvetia melihat beberapa hal : (a) mengkoordinasi semua usaha sekolah, (b) memperluas pengalaman guru-guru (pelatihan), (c) memperlengkapi kepemimpinan sekolah, (3) Kinerja guru di MAS PAB 2 Helvetia.sudah terlaksana sesuai dengan indikator kinerja guru yang harus dicapai, (4) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di MAS PAB 2 Helvetia dengan cara : (a) Penyusunan rencana pembelajaran, (b) Pelaksanaan interaksi proses belajar mengajar, (c) Penilaian interaksi peserta didik, (d) Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar, (e) Pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan, (i) Disiplin kerja, (g) Tanggung jawab dan loyalitas dalaam tugas. Kata Kunci : Supervisi, Pembelajaran, Kinerja Guru

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 04 Dec 2018 00:45
Last Modified: 26 Jun 2019 03:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4506

Actions (login required)

View Item View Item