Pengaruh strategi quantum teaching terhadap hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di kelas IV MIS Aisyah wilayah SUMUT Desa Bandar Khalifah Kec. Percut Sei Tuan kab.Deli Serdang tahun pelajaran 2017/2018

Nasution, Khairina Anggita (2018) Pengaruh strategi quantum teaching terhadap hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di kelas IV MIS Aisyah wilayah SUMUT Desa Bandar Khalifah Kec. Percut Sei Tuan kab.Deli Serdang tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIR-converted.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata-kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Quantum Teaching Pembelajaran Konvensional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Aisyiyah serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching dan pembelajaran Konvensional pada materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV Mis Aisyiyah yang berjumlah 55 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes, yaitu Pre Tes (Tes Awal) dan Post Tes (Tes Hasil Belajar). Teknik Analisis data dilakukan dengan Analisis Varian (ANAVA). Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Aisyiyiyah Wilayah Sumut dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Quantum Teaching memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 82,20. 2) Terdapat pengaruh Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Aisyiyah dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 76,68. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching dengan yang diajar dengan pembelajaran Konvensional dimana hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Quantum Teaching Pembelajaran Konvensional
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 14 Nov 2018 08:00
Last Modified: 14 Nov 2018 08:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item