Nasution, M. Fazli. (2018) Peran guru pendidikan agama islam dalam mendidik moral siswa kelas vii di smp pab sampali percut sei tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Lengkap.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti peran guru pendidikan agama Islam dalam mendidik moral siswa kelas VII di SMP PAB 8 Sampali Percut Sei Tuan. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan peran guru pendidikan agama Islam dalam membina moral siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suat kesimpulan tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam mendidik siswa kelas VII di SMP PAB 8 Sampali dimana memberikan gambaran yang berkaitan dengan proses pembelajaran agama dalam meningkatkan moral siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif naturalistik, yaitu aktifitas penelitian yang berupaya mencari makna yang mendasari perilaku manusia. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru serta beberapa siswa di SMP PAB 8 Sampali Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam sudah efektif, peran sebagai pendidik dalam pembinaan moral sudah tercapai danmempunyai nilai yang positif dilakuan pada anak didik, karena bila pembinaan moral itu baik maka baik pula anak didik itu dan begitu pula sebaliknya. Pembinaan-pembinaan yang diberikan kepada anak didik tersebut berupa kebiasaan-kebiasaan serta contoh suri tauladan yang baik, yang itu dilakukan dilingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah (guru), dan lingkungan masyarakat. Kemudian guru pendidikan agama Islam mampu menjadi sebagai motivator pergerakan sikap baik siswa yang ditunjukan dengan adanya perbaikan disisi pembinaan moral.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 05:18 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 06:12 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4423 |
Actions (login required)
View Item |