Implementasi kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di pesantren ar-raudlatul hasanah Medan Sumatera Utara

Nurmayani, Mrs (2018) Implementasi kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di pesantren ar-raudlatul hasanah Medan Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi.pdf - Submitted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui strategi peningkatan profesional guru dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk mengetahui implementasi kurikulum Pesantren Ar- Raudhatul Hasanah dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk kendala yang dihadapi dalam implementasi kurikulum dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lokasinya di Pesantren Raudlatul Hasanah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi. Pengelolaan data terdiri dari reduksi data, display data/penyajian data, analisis data, teknik menjamin keabsahan hasil penelitian. Hasil penelitian dikemukakan bahwa implementasi kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan adalah upaya yang dilakukan terhadap penerapan kurikulum untuk kebutuhan peningkatan dan keberhasilan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran, terutama dalam mewujudkan tujuan pelaksanaan pendidikan di pesantren. Karena itu dalam implementasi kurikulum dilakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi terhadap kurikulum yang dilaksanakan dalam pembelajaran di pesantren guna peningkatan kulaitas pembelajaran, kualitas pendidikan, sehingga mendukung dalam mewujudkan peningkatan mutu lulusan. Pembinaan terhadap kemampuan guru mengimplementasikan kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan dengan melakukan pembinaan, pelatihan keterampilan guru melalui kegiatan workshop. Dalam kegiatanworskhop melakukan kegiatan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan proses belajar mengajar. Guru dilatih untuk memiliki keterampilan menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari kemampuan menyusun Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Materi/bahan ajar, Media pembelajaran, Instrumen penilaian hasil belajar siswa. Kendala yang dihadapi terhadap implementasi kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan adalah yaitu masih terbatasnya sarana dan prasarana seperti laboratorium, sarana untuk praktikum komputer untuk mendukung kebutuhan penyelenggaraan pendidikan di pesantren khususnya untuk tujuan peningkatan mutu lulusan pesantren. Upaya mengatasi kendala adalah berusaha untuk memenuhi sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan sumber daya dan perofesionalisme guru dengan memberikan pelatihan kepada guru dalam implementasi kurikulum pada pada pelajaran. Upaya dimaksud adalah untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan mutu lulusan

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 16 Oct 2018 05:18
Last Modified: 16 Oct 2018 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item View Item