Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas viii madrasah tsanawiyah swasta muhammadiyah 13 Tanjung Morawa tahun pelajaran 2017/2018

Hayatina, Nurul (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas viii madrasah tsanawiyah swasta muhammadiyah 13 Tanjung Morawa tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurul Hayatina.pdf.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar matematika yang diajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, 2) hasil belajar matematika yang diajarkan melalui metode pembelajaran konvensional, 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 105 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa di kelas VII-3 dan 32 siswa di kelas VII-2 dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre test sebesar 43,28 dan rata-rata post test sebesar 82,5. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata pre test sebesar 44,06 dan rata-rata post test sebesar 64,06. Dari hasil analisis tes akhir kelas eksperimen diperoleh L-hitung L-tabel yakni 0,142 0,157, dan analisis tes akhir kelas kontrol diperoleh L-hitung L-tabel yakni 0,076 0,157. Sehingga data tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi Normal dan dari uji homogenitas bersifat homogen dimana Fhitung Ftabel yaitu 1,3297 1,8221. Setelah dilakukan uji hipotesis data tes akhir menggunakan uji-t didapat bahwa thitung ttabel yaitu 4,30178 1,9989 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 16 Oct 2018 05:18
Last Modified: 16 Oct 2018 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item View Item