Upaya mengurangi persepsi negatif siswa terhadap guru bk melalui layanan informasi di kelas x mia 4 man 3 Medan t.p 2017/2018

Sartini, Mrs (2018) Upaya mengurangi persepsi negatif siswa terhadap guru bk melalui layanan informasi di kelas x mia 4 man 3 Medan t.p 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk Mendiskripsikan Persepsi Siswa terhadap Guru BK sebelum melaksanakan Layanan Informasi pada siswa kelas X Mia 4 Man 3 Medan T.P 2017/2018, Untuk mengetahui bagaimana persepsi negatif siswa setelah melaksanakan Layanan Informasi pada siswa kelas X Mia 4 Man 3 Medan T.P 2017/2018, Untuk mengetahui apakah pelaksanaan Layanan Informasi dapat mengurangi persepsi negatif siswa terhadap guru BK di kelas X Mia 4 MAN 3 Medan T.P 2017/2018 Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah Siswa kelas X MIA 4 MAN 3 Medan, sebanyak 40 siswa yang mempunyai persepsi negatif terhadap guru BK tinggi. Penelitian menggunakan layanan informasi layanan informasi. merupakan layanan bimbingan dan konseling yang bermaksud memberikan pemahaman dan informasi yang membantu siswa menjelaskan mengenai tugas, peranan guru BK sehingga siswa tidak salah mengartikan atau berpersepsi negatif terhadap guru BK Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 2 kali pertemuan membahas 2 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pra siklus sampai siklus II dapat diketahui bahwa berkurangnya persepsi negatif siswa terhadap guru BK dapat diketahui dengan adanya peningkatan dalam penilaian pada aspek yang diamati, mulai dari pra siklus dengan persentase 32,5% kategori rendah. siklus I pertemuan dua kali pertemuan dengan persentase 50 % kategori cukup. siklus II dengan dua kali pertemuan dengan persentase 77,5 % kategori Berhasil. Hal ini didukung dengan adanya beberapa fakta mengenai Persepsi negatif siswa terhadap guru BK yaitu, berkurangnya persepsi negatif siswa terhadap guru BK, meningkatnya hubungan baik siswa terhadap guru BK, berkurangnya kecemasan siswa terhadap guru BK, bertambahnya pemahaman siswa terhadap peran BK di sekolah. Dengan demikian upaya untuk mengurangi persepsi negatif siswa terhadap guru BK sudah mengalami penurunan yang signifikan, baik dari siklus I maupun siklus

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 06 Oct 2018 05:27
Last Modified: 26 Jun 2019 02:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4382

Actions (login required)

View Item View Item